Alternatif kanibal gearset sikebo pakai milik si injeksi

Sudah 5 tahun lebih alias menjelang 6 tahun pemakaian, si kebo mulai minta jajan lagi nih :mrgreen: bukan rumput atau pakan ternak tapi gearset, maklum ini motor loh bukan binatang 😛 akhir-akhir muncul gejala rantai bunyi “cethak-cethak” ketika jalan pelan, dan semakin keras suaranya ketika ngebut. Ketika di telisik memang rantai sudah kaku, gimana nggak kaku lah wong udah 70000 km lebih belum pernah ganti gearset.  Akhirnya saya melipir ke dealer untuk hunting gearset si kebo, saya pilih yang ori saja karena terbukti kuat sampai 5 tahun lebih baru kemracak (berisik) sudah minta ganti baru. Kali ini saya tidak membeli gearset bawaan byson karbu, melainkan milik saudara kandungnya.

Ya, saudara kandung byson karbu ya byson injeksi. Nggak percaya? Namanya aja sama-sama byson, sama-sama dari Yamaha juga :mrgreen: alasan saya memilih part gearset orisinil byson adalah durabilitasnya yang sudah saya buktikan sendiri tahan lama hingga puluhan ribu km dan bertahun-tahun pemakaian, tergantung perilaku dan perawatan pengendara juga sih. Namun yang saya pilih bukan gearset dari byson karbu, saya pilih gearset byson injeksi. Loh kenapa? Iseng bikin ringan tarikannya. Apa bisa langsung PNP? Jawabannya BISA!

Komposisi gir 14-42

Pertama, kita lihat dari lubang gir depan dan gir belakang. Identik dengan milik byson karbu. Yang depar berukuran 14 mata memiliki satu lubang, sedangkan gir belakang berukuran 42 mata memiliki 6 lubang. Keduanya bisa langsung plek dipasang di byson karbu karena dimensinya sama saja. Hanya saja, gir belakang dibekali 2 mata lebih banyak dibanding milik si karbu, yaitu 42 mata. Gir belakang si injeksi dari sononya udah nyomot milik old vixion. Terbukti dari kode part yang tercantum dalam bungkus gir belakang berkode 3CI (kode old vixion). Sedangkan gir depan berkode 45P (byson karbu) dan rantai berkode 2UP (kode byson injeksi). Jadinya seperti onderdil kanibalan, saling silang antar tipe dalam satu merk 😀

Rantai 428 bikinan Yamaha India

Rantai juga sedikit berbeda dari si karbu, meski berukuran sama-sama 428 namun ketika dipasang, roda harus diseting lebih mundur karena rantainya sedikit lebih panjang. Di bagian permukaannya terdapat logo lingkaran bertuliskan huruf R, RK? (si karbu dibekali Yamaha dengan rantai merek RK).

Untuk harga ada perbedaan antara gearset si karbu dengan si injeksi, milik si karbu dihargai 350 juta ribu sedangkan milik si injeksi dihargai 370 ribu rupiah saja. Selisih 20 ribu, si injeksi dibekali gir belakang lebih besar (42 mata, milik old vixion, biar hemat ongkos produksi daripada bikin baru khusus byson injeksi :-D). Harga tersebut dapat dikroscek di website katalog Yamaha. Tapi harus diingat harga tersebut dapat berubah dan bisa lebih mahal tergantung dealer, lokasi, dsb. Saya beli di toko sparepart Yamaha di kawasan Surabaya dari harga di web 370 ribu menjadi 402 ribu di toko. Wuih lumayan selisihnya, 32 ribu berrrro. Ah gapapalah, amal :mrgreen:

Overall, gearset ini bisa jadi alternatif buat ndongkrak tarikan sikebo karbu sekaligus substitusi onderdil yang orisinil Yamaha. Sebenarnya bisa juga pakai milik Scorpio dan Vixion series, meski ukuran gir belakang lebih besar tapi sama saja kok, sama-sama PNP di byson karbu.

Semoga bermanfaat

Gir 42 mata berkode 3CI (Vixion lawas)
Kode kemasan berkode 2UP (byson FI)
Berat rantai 1,4 kg
Harga di toko Yamaha 402 ribu
Ganti gearset pada 71102 km, lumayan
Gir masih satu merk dengan yang lawas, bermerk Sunstar
Iklan

Penulis: keboplastik

Meski bukan ahli di bidang otomotif but automotive is my passion and hobby

Mari berdiskusi yang enak!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s