Bikin aneh kaki-kaki Byson dengan jalu swing arm

Halo rek, sehat? maafkan saya udah lama gak apdet artikel dari postingan ini jedanya lama banget. Heuheuheu mahasiswa semester tua :mrgreen: Baru sekarang bisa ngisi artikel lagi yang pastinya bisa buat nambah inspirasi pembaca setia di warung kecil ini. Di postingan lalu, saya pernah menggiring sikebo pacuan saya ke mesin dyno milik RAT Motorsport Sidoarjo dan berhasil memperoleh data performa dari mesin standarnya. Nah, jika sampean jeli pada gambar sikebo ketika di running di atas mesin treadmill dyno, ada sesuatu yang familiar di dunia variasi. Yah jalu swing arm, demikian saya menyebutnya. Entah sampean nyebutnya apa 😃 nobody is wrong when it’s proper.

Saya tertarik mengaplikan variasi tersebut ke swing arm orisinil sikebo supaya terlihat sedikit berbeda dibanding kebo-kebo yang sudah beredar. Namun, bukan berarti supaya menjadi satu-satunya yang berbeda, tetapi supaya sedikit berbeda alias gak terlalu mainstream lah. Maklum gak semua kebo dipasang jalu arm oleh peternaknya pemiliknya. Nah, saya dan beberapa pengendara kebo sudah memasangnya biar gak terlalu mainstream.

Model jalu ini sebenarnya mirip dengan aksesoris yang nempel di swing arm pacuan World Superbike macam ZX-10R semplakan Rea dan Sykes, dan rider lainnya kecuali Ducati Panigale. Bedanya, yang saya beli ini lebih “murah” dan “biasa” :mrgreen: satu biji terdiri dari dua benda yang disambung 2 baut L. Satu berbentuk pipih dan ada tonjolan sebagai dudukan “jenggot” dan tonjolan yang masuk kedalam arm agar dapat tertahan sempurna ketika telah terpasang. Kemudian, (saya sebut jenggot) karena bentuknya memanjang kebawah namun berlubang dan membentuk suatu pola.

Cara pasangnya? Butuh kunci T yang cocok dengan baut setelan rantai. Karena setelah benda ini terpasang, sudah tidak menggunakan kunci pas lagi untuk setel rantai karena dijamin kuncinya bakal mentok kena “jenggot” jalu itu. Dan dapat dipasang terbalik, misal yang seharusnya dipasang di kiri dapat dipasang ke kanan. Tapi, hasilnya akan berbeda jika yang seharusnya dipasang di kiri akan njengat (meruncing keatas) kalo dipasang di kanan. Overall, just plug n play it. Enjoy!

Harga? Relatif murah, di Krian cuma 150 ribu saja. Entah kalau di daerah lain bakal dikasih harga berapa. Kualitasnya? Secara kasat mata, kualitas cetakan dan pemasangan “jenggot” pada bagian pipihnya dapat dikatakan bagus. Hanya saja, kualitas finishing cat masih tergolong kasar. Cekidot hasil pemasangan dan detail variasi jalu swing arm yang universal buat semua motor, termasuk Byson.

 

 

Cuma 150 ribu dapat sepasang
mirip jalu swing arm di WSBK

Iklan

Penulis: keboplastik

Meski bukan ahli di bidang otomotif but automotive is my passion and hobby

Mari berdiskusi yang enak!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s