Suzuki GSX-150R: Review singkat dan ergonominya bagi rider kecil nan panjang

20170207_113946-fileminimizerKemarin, saya iseng lewat depan dealer Suzuki di kawasan Krian. Waktu itu ada motor baru yang diturunkan dari mobil pick up, yap motor tersebut adalah motor batangan gres dari Suzuki. Berhubung penasaran karena belum lihat unitnya lebih dekat, selama ini hanya lihat di media cetak dan di blog-blog. Mampirlah saya ke dealer tersebut untuk sekedar lihat, tanya-tanya, bahkan menaikinya untuk sekedar merasakan ergonomi dari motor yang bodinya tak segarang mesinnya. Ingin tahu bagaimana jika dinaiki rider kurus dan agak tinggi? Dan apa saja yang perlu diketahui dari motor ini? Simak yuk!

Fisik

20170207_112845-fileminimizerUnit yang saya amati berwarna oranye dan hitam dof, sebenarnya ada 2 warna lagi yaitu biru livery Motogp dan hitam glossy. Wujud mesin dan spidometernya sepertinya serupa dengan All New Satria FI, hanya mesinnya yang mengalami perubahan jeroan sedikit demi mengejar performa yang lebih superior (detil belum jelas, brosur belum diterbitkan). Dan yang jelas berbeda secara fisik dengan Satria karena beda aliran gaya 😀 yang satu ayago yang satu lagi sport tulen. Haiyyah.

20170207_112901-fileminimizerSetangnya sendiri menganut tipe underyoke. Tidak jauh dari stang kemudi, ada hal janggal yang biasanya ditemui di motor-motor gede. Yap keyless system yang berguna untuk menyalakan mesin. Sudah tidak menggunakan anak kunci lagi layaknya motor konvensional, melainkan tinggal putar knob asalkan pengendara membawa remote bawaan motor. Jika remote dijauhkan 1 meter dari motor, maka mesin akan mati secara otomatis. Jadi awas jangan sampai remotenya hilang, bakal kesusahan sampean kalo mau nyalakan motor ini :mrgreen: tapi tetep dapat kunci cadangan buat buka jok atau kalo knob itu bermasalah. Silahkan tanya pihak dealer.

Kaki-kaki

20170207_114140-fileminimizerKaki-kakinya dibekali ban IRC Exato (serupa ban bawaan Yamaha Xabre) namun berbeda ukurannya dengan Xabre karena GSX dibekali ban depan lebih kecil berukuran 90/80-17. Untuk ban belakang sama dengan Xabre. Kedua kaki-kaki telah dibekali cakram kembang merk Sunstar (seperti merk cakram Yamaha), kabel rem bawaan Brembo India (Bybre?), rantai merk RK sebagai standarnya, velg palang Y10. Ciamik lah

 

 

 

 

Ergonomi

20170207_115720-fileminimizerSetelah puas lihat-lihat motor ini, saya iseng menaiki sekedar tes ergonominya bagi rider spek 1,8 m dan 58 kg (kecil dan agak panjang kan :mrgreen: ). Menurut saya, ergonominya seperti sepeda ayago loh, nunduk khas stang jepit apalagi ini sudah underyoke, motor ini berasa kecil ketika saya duduk mengapit tangkinya. Posisi tangan di kemudi rendah, nyaris sejajar dengan tinggi jok. Wah bakal pegal bagi yang tidak biasa mengendarai motor jenis ini seperti saya 😀 ketika nunduk ala joki balap, kepala saya tidak membentur windshield, masih jauh kok, harus menempelkan *maaf* bokong tepat ke jok belakang. Tangkinya seperti tenggelam ketika diapit diposisi riding seperti ini, lah wong kecil bentuknya 😀

20170207_115739-fileminimizerSecara keseluruhan bodinya memang tidak gambot seperti rivalnya, CBR dan R15. Meskipun tampang depannya mirip New GSX-1000R tetapi menurut saya GSX-150R ini tidak nampak moge look. Padahal mesinnya sangar rek, sampean bayangkan sendiri mesin Satria udah kenceng dari sononya malah diseting lagi biar lebih jos kemudian dipasang ke bodi motorsport. Superb!

Harga

Motor yang bakal diekspor ke pasar Eropa dan dunia ini dilego dengan mahar Rp 28,9 ribu juta saja loh. Sudah bisa dibeli secara nyicil alias kredit. TAPI soal performa dan spesifikasi mesin, masih belum ada detil jelas, brosure belum nongol rek. Kalau minat atau sekedar tanya, ya monggo samperin dealer Suzuki terdekat. Bagi yang tinggal di Krian, monggo sambangi dealer Suzuki Krian (depan Jatayu) kalau berminat motor ini ya :mrgreen: Yes Krian wes duwe unite (yes Krian sudah dapat unitnya) :mrgreen:

Semoga bermanfaat

Monggo simak galeri berikut:

20170207_114025-fileminimizer
Silinser dengan dua pipa exhaust
20170207_113843-fileminimizer
Selang rem depan merk Brembo bikinan India, Bybre?
20170207_113507-fileminimizer
Spatbor belakang enggak banget ya 😀
20170207_113441-fileminimizer
Anak kunci cadangan sekaligus buat buka jok
20170207_113353-fileminimizer
Monoshock sudah menganut link type
20170207_113342-fileminimizer
Side view, bagus po ra?
20170207_113317-fileminimizer
Mirip GSX-1000R baru
20170207_113248-fileminimizer
Ram Air samping mirip insang ikan
20170207_113237-fileminimizer
150cc DOHC, oli 1,3 liter
20170207_113056-fileminimizer
Gir belakang 45 mata, rantai RK 428
20170207_113038-fileminimizer
Regulator?
20170207_113019-fileminimizer
Speedometer persis milik Satria FI
20170207_113011-fileminimizer
Keyless Start System ala moge kekinian 😎
Iklan

Penulis: keboplastik

Meski bukan ahli di bidang otomotif but automotive is my passion and hobby

Mari berdiskusi yang enak!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s