Yang Patut Dipertimbangkan Kalo Berminat Beli Helm MT25

20160320_144253Halo rek, pada sudah tau helm bawaan MT25 kan ? Ituloh, yang modelnya ala helm supermoto. Bertopi dan berdagu panjang ala helm motocross. Tapi bedanya dilengkapi dengan visor (kaca). Di artikel terdahulu sudah pernah saya bahas seputar helm ini, meliputi desain, fitur, hingga bobot helmnya. Kini saatnya mengulas beberapa hal termasuk kelemahannya, maklum helm ini sudah berbulan-bulan menemani saya dikala riding. Meski belum setahun penggunaan, tapi tak ada salahnya mengungkap beberapa hal pada helm ini. Berikut yang perlu dipertimbangkan sobat kalau berminat memboyong helm MT25:

Fitur

20160302_082702 (FILEminimizer)
Double D-Ring

Helm ini menyajikan fitur yang sedikit berbeda dibanding pesaing sekelasnya. Sebut saja, MDS Supermoto. Dengan harga yang mepet selisihnya, Yamaha memberikan fitur Double D-Ring pada tali penguncinya. Fitur tersebut mirip tali pengunci helm-helm motogp, wsbk, mxgp, dkk. Jadi nilai lebih tuh. Walaupun diklaim lebih aman dibanding tali pengunci model konvensional. Beberapa orang yang belum ngeh dengan teknologi ini pasti akan menganggap fitur ini ribet pengunciannya, karena harus mengaitkan tali pada dua ring secara bergantian. Sehingga kalo lagi buru2 bakal amburadul dan agak buang waktu. Karena ribetnya itu dapat dianggap menjadi kelemahan. Jadi, bagi yang belum pernah pake helm double d-ring, sabar dan pelajari dulu, biasakan dulu, maklum teknologi lebih advance. Tapi kalo udah terbiasa sih, harusnya ya biasa aja 😀

Desain

20160311_155211
Kayak buaya ya :mrgreen:

Helm ini berbentuk seperti kepala buaya bila dilihat dari depan. Shape pipih dibagian pipi yang memanjang hingga dagu, mirip congor (mulut) buaya. Keren sih, meskipun sebagian orang kurang sreg karena dagunya terkesan terlalu monyong. Menurut saya, ada kelemahan dari desain ini. Jika digunakan saat ngebut dan tidak menunduk, atau terkena terpaan angin dari depan, kepala akan bergoyang kekiri kekanan seperti orang berdzikir. Mungkin sisi aerodinamika yang kurang baik pada helm ini. Sehingga tidak dapat membelah angin dengan nyaman kala digunakan. IMHO Mungkin karena desain topi yang ngotak kaku dan tidak sinkron dengan desain dagunya. Halah au ah 😀

Kualitas

20160531_081743
Karat kiri
20160531_081715
Karat kanan

 

 

 

 

 

20160531_081820
Perhatikan garis merah !

Menurut saya pribadi, kualitas helm ini secara material tidak jelek2 amat meskipun kenyataannya tidak bagus2 juga. Dimulai dari kualitas cat, helm yang saya miliki berwarna abu2 metalik. Selang beberapa bulan penggunaan dengan berbagai kondisi cuaca, ada bagian cat yang pudar menjadi titik2 hitam. Tetapi itu hanya kelihatan kecil sampai sekarang. Tidak terlalu mengganggu sih, tapi kalo menjadi banyak kan malah berabe. Kemudian, baut yang ada disamping mulai berkarat setelah beberapa waktu kehujanan tak pernah dibersihkan. Begitu dibersihkan dengan lap basah, dan dengan sedikit silicon saat kering, malah menjadi karat. Bisa jadi helm ini tidak tahan silicon :mrgreen:

Harga

Dengan banderol HET 490 juta ribu-500 ribu (harga bisa berbeda di tiap dealer garputala). Selisih harganya cuma 10 ribu lebih mahal (didaerah saya) dibanding MDS Supermoto yang menjadi rival terdekatnya. Meski lebih mahal, namun fitur penguncian lebih maju yakni mengadopsi sistem dobel D-ring dan suguhan desain yang futuristik.

Semoga dapat menjadi pencerahan dan petunjuk bagi yang galau pengen boyong helm ini. Kalau punya duit dan minat, yaudah beli. Kalo nggak, yaudah mimpi aja sana :mrgreen: Selamat berakhir pekan.

Iklan

Penulis: keboplastik

Meski bukan ahli di bidang otomotif but automotive is my passion and hobby

2 tanggapan untuk “Yang Patut Dipertimbangkan Kalo Berminat Beli Helm MT25”

Mari berdiskusi yang enak!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s